Kunjungan Lapangan Nominasi Satyalencana Tahun 2022

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang Krisseptiana menerima tim verifikasi uji petik tanda kehormatan Satyalencana Pembangunan dan Satyalencana Wira Karya pada Senin 14 Maret 2022.

Tim dipimpin oleh Kepala Biro GTK Setmilpres, Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono. Hadir pula Direktur Advokasi dan Hubungan Antar Lembaga BKKBN RI Wahidah P SSos MSi.

Kunjungan di Kampung KB

Salah satu lokasi kunjungan lapangan uji petik yaitu di Kampung KB Mawar Putih Kelurahan Gajahmungkur Kecamatan Gajahmungkur.

Kunjungan ini dilakukan setelah sebelumnya tim diterima oleh Walikota di Balaikota. Walikota juga memaparkan beberapa hal yang telah dilakukan untuk masyarakat Kota Semarang.

Kunjungan Lapangan Nominasi Satyalencana Pembangunan dan Satyalencana Wira Karya Kota Semarang 2022
Kunjungan Lapangan Nominasi Satyalencana Pembangunan dan Satyalencana Wira Karya Kota Semarang 2022

Tim verifikasi melalukan interaksi dengan Ketua Kampung KB, Duta Genre, dan juga masyarakat setempat. Tim ingin mengetahui sejauh mana perkembangan sebelum dan sesudah adanya program Kampung KB Mawar Putih.

Laju Pertumbuhan Penduduk Menurun

Laju pertumbuhan penduduk Kota Semarang pada tahun 2021 berhasil mencapai titik terendah dalam kurun dua puluh tahun terakhir.

Tercatat titik tertinggi laju pertumbuhan penduduk ibu kota provinsi Jawa Tengah terjadi pada tahun 2003 mencapai 2,02%. Namun di tahun 2021 indikator tersebut mampu ditekan menjadi sangat rendah hingga ke angka 0,25%.

Satyalencana Pembangunan dan Satyalencana Wira Karya

Atas capaian tersebut maka tim verifikasi uji petik tanda kehormatan datang secara langsung ke Kota Semarang sebagai rangkaian penilaian pemberian tanda jasa.

Kunjungan Lapangan Nominasi Satyalencana Pembangunan dan Satyalencana Wira Karya di Kampung KB
Kunjungan Lapangan Nominasi Satyalencana Pembangunan dan Satyalencana Wira Karya di Kampung KB

Dengan nominasi Satyalencana Pembangunan dan Satyalencana Wira Karya, terdapat grand design pembangunan kependudukan Kota Semarang yang terdiri dari 5 pilar, yaitu:

  1. pengendalian kuantitas penduduk
  2. pengendalian kualitas penduduk
  3. pembangunan keluarga
  4. penataan persebaran penduduk
  5. penataan administrasi kependudukan

Tim kemudian melanjutkan kunjungan lapangan ke penyandang disabilitas di Kecamatan Semarang Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.