Anak Saya Pendek tapi Pintar, Masa Sih Stunting?

Betul, kita tidak bisa dengan mudahnya menyebut seorang anak mengalami stunting hanya karena tubuhnya pendek. Apalagi, jika ternyata anak tersebut masih “pintar” menurut penilaian awam.

Pintar yang seperti apa?

Begini, pintar itu bukan berarti bisa baca tulis hitung atau menguasai bahasa asing. Apalagi, bila kita bicara tentang anak usia 0-2 tahun yang tentu saja belum menguasai kemampuan tersebut.

Tiap anak diharapkan memiliki 8 dimensi kecerdasan antara lain kecerdasan intrapersonal dan interpersonal, kinestetik, linguistik, musikal, naturalis, logika, dan spasial. Nah, anak yang mengalami stunting akan mengalami hambatan dalam 8 kecerdasan tersebut.

Jadi, “pintar”nya anak tidak terbatas pada bisa membaca dan berhitung saja, namun juga pintar bermain dengan teman sebaya serta mampu mengenali emosinya (tantrum mulai berkurang atau hilang).

Untuk mengukur kecerdasan anak, kita bisa melihat apakah anak sudah mencapai tugas perkembangan berdasar usianya (milestones). Misal:

  • Menegakkan kepala di usia 3 bulan
  • Duduk sendiri tanpa dibantu di usia 7 bulan
  • Menyebut dua kata berbeda dengan benar di usia 16 bulan
  • Makan sendiri dengan sendok di usia 19 bulan

Untuk mencapai milestones tersebut, anak membutuhkan stimulasi dari orang tua dan lingkungannya. Nah, anak yang mengalami stunting akan mengalami hambatan dalam mencapai tugas perkembangan di atas.

Aplikasi Kartu Kembang Anak BKKBN

Tugas perkembangan yang lebih lengkap dari usia 0-5 tahun tercantum dalam Kartu Kembang Anak (KKA) dari BKKBN yang bisa diunduh gratis secara online disini.

Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan

Jika pada 1000 HPK anak kekurangan nutrisi yang diperlukan otak untuk berkembang semestinya, maka sejumlah kecerdasan yang harusnya dimilikinya pun akan terhambat.

Inilah mengapa pemulihan stunting akan lebih baik hasilnya jika dilakukan dalam 2 tahun pertama usia anak. Semakin lama dibiarkan maka anak akan semakin sulit mengejar ketertinggalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.